Ini Tips dan Cara Merawat Toilet Yang Baik Dan Benar

Kebersihan toilet adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Karena bakteri yang berasal dari toilet bisa menyebar di seluruh ruangan kamar mandi, dan menempel di peralatan mandi Anda. Cara merawat toilet yang baik dan benar pun ternyata sangat mudah dilakukan.

Jika kebersihan toilet dijaga dengan baik, maka kenyamanan Anda saat menggunakannya pun pasti akan lebih baik. Karena ruang kamar mandi akan terhindar dari bakteri jahat yang bisa mendatangkan penyakit.

Noda dan kerak biasanya menempel pada dinding dan lubang kloset. Warna noda tersebut pun menunjukkan penyebab munculnya noda tersebut. Jika didiamkan, lama kelamaan akan menjadi kerak yang lebih sulit untuk dibersihkan.

Ada 2 warna noda yang biasa ditemukan di dalam toilet, yaitu kuning dan hitam.

Noda yang cenderung berwarna kuning disebabkan karena adanya sisa urine yang mengkristal. Jika didiamkan, noda itu akan semakin menghitam akibat munculnya banyak bakteri serta jamur.

Cara Merawat Toilet Yang Baik dan Benar Sesuai Urutannya

Tentunya ada prosedur dan urutan yang dianjurkan sebagai cara merawat toilet yang baik dan benar. Dengan demikian, Anda tidak hanya bekerja dengan cepat tetapi juga efisien.

Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan toilet dengan mudah sesuai urutannya:

  1. Siapkan Peralatan

Membersihkan toilet tentunya memerlukan perlengkapan khusus. Alat-alat itu seperti sikat toilet, spons dapur, sabun, dan cairan pembersih khusus toilet. Jangan lupa, siapkan juga sarung tangan karet agar tangan Anda terlindungi saat membersihkan toilet.

  1. Bersihkan Bagian Luar Toilet

Bagian luar toilet seringkali luput dari perhatian. Padahal, casing toilet juga memiliki resiko ditempeli kuman. Untuk memudahkan Anda membersihkan bagian luar toilet, gunakan bagian kasar pada spons cuci piring dengan sedikit sabun. Hal ini untuk memudahkan Anda menggosok kotoran dan noda yang menempel.

  1. Bersihkan Bagian Dalam Toilet

Semprotkan cairan pembersih ke seluruh bagian dalam toilet. Biasanya, produk pembersih toilet sudah didesain khusus agar mudah menjangkau bagian yang sulit dilihat. Tunggu 30 hingga 40 menit agar cairan pembersih merontokkan kotoran dan noda kerak sebelum Anda mulai menyikatnya.

  1. Bersihkan Penampung Air

Terkadang, bau tak sedap justru datang karena kuman dan bakteri yang berkumpul di penampung air pada toilet. Partikel besi dan pasir air tanah juga bisa membuat saluran air menjadi mampat. Kuras air pada bagian penampung lalu sikat hingga bersih. Membersihkan tangki termasuk dalam salah satu cara merawat toilet yang baik dan benar.

  1. Tambahkan Pewangi Khusus Toilet

Saat ini sudah banyak dijual produk pewangi khusus toilet. Biasanya, pewangi khusus ini ditempatkan pada penampung air. Namun, ada juga pengharum toilet berbentuk gel, yang ditempelkan pada dinding kloset. Sehingga, toilet akan menguarkan aroma yang harum saat disiram.

  1. Antiseptik

Karena toilet menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan jamur, maka ada baiknya Anda menyemprotkan antiseptik pada toilet. Bagian yang disarankan untuk disemprotkan adalah dudukan toilet. Sebab, bagian toilet ini yang bersentuhan langsung dengan kulit saat toilet digunakan.

Tips Membersihkan Toilet Yang Mudah Dilakukan

Untuk membersihkan noda yang sulit dihilangkan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Cara merawat toilet yang baik dan benar ini melibatkan beberapa bahan rumah tangga, yang mudah ditemukan. Apa saja bahan-bahan itu?

  1. Zat Asam

Zat yang bersifat asam memang sangat ampuh dalam menghapus noda dan kotoran di toilet. Anda bisa menemukan berbagai bahan rumah tangga yang mengandung asam. Misalnya cuka makanan, perasan jeruk nipis, hingga asam sitrat atau yang biasa disebut sitrun.

  1. Baking Soda

Tak hanya bisa mengembangkan adonan kue, baking soda juga bisa digunakan sebagai cara merawat toilet yang baik dan benar. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan menaburkan bubuk soda kue ke seluruh bagian toilet. Diamkan semalaman agar terjadi reaksi kimia yang bisa merontokkan noda dan kotoran.

  1. Minuman Bersoda

Minuman ringan berkarbonasi biasanya mengandung konsentrasi asam yang kuat. Kadar asam yang tinggi pada minuman ringan itu juga bisa dimanfaatkan sebagai cara merawat toilet yang baik dan benar.

  1. Teh

Siapa sangka teh ternyata bisa membantu membersihkan toilet? Caranya adalah dengan menggunakan air seduhan teh. Masukkan teh yang sudah diseduh itu ke dalam semprotan agar mudah digunakan. Air yang panas membantu menghilangkan noda dan kotoran pada toilet.

Ampas teh pun jangan langsung dibuang. Bungkuslah ampas teh yang masih basah dengan menggunakan kain tipis atau lebih mudah jika menggunakan teh celup. Kemudian, gosokkan ke bagian toilet yang terdapat noda. Cara ini cukup ampuh menangani noda yang samar sampai menengah.

  1. Pemutih Pakaian

Toilet duduk biasanya berwarna putih. Untuk menjaga keaslian warna keramik toilet, sesekali bisa anda gosok dengan menggunakan pemutih pakaian. Pastikan Anda mengenakan sarung tangan ketika melakukannya, supaya tidak menimbulkan reaksi alergi gatal-gatal.

Demikian tadi, tips dan cara merawat toilet yang baik dan benar. Lakukan secara rutin agar toilet menjadi lebih nyaman saat digunakan. Karena, toilet yang bersih membuat penggunanya terhindar dari bahaya infeksi bakteri, jamur, dan juga virus. Yuk kita jaga kebersihan toilet!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *