Cara Memperbaiki Saluran Toilet Yang Mampet

Terdapat berbagai cara memperbaiki saluran toilet yang mampet yang dapat dilakukan baik pada toilet jongkok maupun toilet duduk. Water closet atau WC mampet memang menjadi masalah yang cukup besar bagi para penggunanya. WC mampet sendiri dapat diakibatkan oleh beberapa faktor dan yang paling umum ditemukan adalah karena kebiasaan membuang sampah dalam WC.

Masalah toilet mampet memang sering dialami banyak keluarga. Oleh karena itu banyak masyarakat yang mencari tahu bagaimana cara memperbaiki saluran toilet yang mampet. Lantas apa penyebab toilet menjadi mampet? Bagaimana cara mengatasinya? Simak jawabannya dalam uraian di bawah ini!

 

Penyebab WC Mampet

Sering kita jumpai himbauan untuk tidak sembarangan membuang sampah atau tisue di dalam toilet atau WC umum. Himbauan tersebut benar adanya sebab membuang sampah pada WC bisa menjadi alasan utama terjadinya masalah toilet mampet yang dapat menghambat kinerja toilet dalam mendorong kotoran.

Bukan hanya tisu saja, terdapat beberapa sampah lain yang dapat mengakibatkan WC mampet antara lain pembalut, tusuk gigi, popok bayi, cotton buds, dan tisu basah. Untuk mencegah WC mampet, ada baiknya Anda tidak membuang sampah apapun padaWC. Sediakan tempat sampah di dalam toilet agar lebih bersih dan Anda pun terhindar dari resiko WC mampet.

Jika sudah terlanjur terjadi, cara memperbaiki saluran toilet yang mampet paling sederhana yakni dengan memakai penyedot WC. Bagi Anda yang tidak menyediakan penyedot WC dirumah, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut sebagai cara memperbaiki saluran toilet yang mampet.

  1. Memakai air panas dan sabun cuci piring

Cara memperbaiki saluran toilet yang mampet ini bisa Anda lakukan dengan menyediakan 1 gelas sabun cuci piring dalam bentuk cair, handuk dan juga air panas secukupnya. Taruh handuk pada lantai area WC untuk melindungi agar tidak licin karena tumpahan air WC. Kemudian masukkan sabun cuci piring cair ke dalam WC lalu diamkan sampai sabun tersebut mengendap.

Sabun cuci piring cair ini bermanfaat untuk melicinkan saluran pipa WC agar benda atau sampah yang menyumbat dapat mengalir menuju septic tank dengan mudah.

Langkah berikutnya setelah sabun mengendap adalah menuangkan air panas cukup banyak namun jangan sampai air tersebut keluar dari WC. Lalu diamkan kurang lebih selama 20 menit. Jika sudah, flush WC dan cek apakah kondisi salurannya masih tersumbat atau tidak. Apabila iya, maka Anda bisa mencobanya kembali sampai saluran WC Anda kembali beroperasi dengan normal.

  1. Larutan cuka dan baking soda

Dua bahan tersebut selalu menjadi pilihan banyak masyarakat untuk membantu mengatasi beragam masalah yang ada di rumah. Misalnya untuk membersihkan kotoran atau mengatasi saluran yang tersumbat. Cuka dan baking soda juga dapat dimanfaatkan sebagai cara memperbaiki saluran toilet yang mampet.

Caranya pun sangat mudah yakni dengan menebarkan 1 gelas baking soda pada permukaan air WC kemudian tunggu sampai mengendap. Kemudian, tuangkan 2 gelas cuka dengan gerakan memutar agar cuka tersebut tersebar secara merata.

Baca Juga : Cara Mlancarkan Toilet Mampet Dengan Jasa Sedot WC Kediri

Ketika melakukan cara memperbaiki saluran toilet yang mampet ini Anda akan menjumpai gelembung-gelembung yang merupakan hasil reaksi dua bahan tadi dan pastikan agar gelembung tersebut keluar dari WC.

Diamkan cuka dan baking soda selama 1 jam lalu flus WC Anda. Jika masih tersumbat, maka Anda dapat melakukan cara ini kembali dengan sedikit menambahkan baking soda serta cuka lagi. Namun langkah ini bisa Anda lakukan sebelum tidur dan biarkan semalaman. Saat sudah pagi, Anda dapat mencoba flush WC dan saluran WC pun akan kembali lancar.

  1. Menggunakan gantungan baju dari kawat

Bukan hanya bahan cair saja, Anda juga bisa mencoba cara memperbaiki saluran toilet yang mampet dengan bahan padat. Cara ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan gantungan baju kawat. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong kawat kemudian luruskan. Bungkus bagian ujung dari kawat yang tajam dengan kain perca dan juga selotip agar tidak menyebabkan WC rusak.

Anda dapat memulai cara mengatasi masalah tersebut dengan memasukkan ujung lancip kawat pada pipa WC. Cara ini dilakukan untuk mendorong sampah yang menghalangi saluran air yang masuk pada septic tank. Tanda apabila Anda berhasil melakukan cara ini adalah air WC yang kian menyusut. Jangan lupa menekan tombol flush. Apabila WC Anda masih mampet, mungkin Anda harus mencoba cara yang lain.

  1. Memakai plastik pembungkus makanan

Cara memperbaiki saluran toilet yang mampet berikutnya adalah dengan memanfaatkan plastik pembungkus makanan (plastic wrapping). Sediakan plastik wrapping serta pakai untuk menutupi tempat duduk toilet. Usahakan untuk benar-benar menempel plastik tersebut dengan erat.

Tekan tomblol flush dan plastik akan mengembang. Anda harus menekan flush berulang kali. Cara ini dilakukan guna menekan balik udara pada WC agar udara tersebut mampu mendorong sampah yang menyumbat WC. Dengan cara ini, maka aliran air pada WC Anda akan kembali lancar.

  1. Memakai botol plastik bekas

Anda juga dapat menggunakan botol plastik bekas untuk memperbaiki saluran toilet yang mampet. Proses ini pun juga simple dan mudah. Langkah pertama yakni memotong bagian mulut botol bekas yang Anda siapkan sekitar 10 cm. Kemudian masukkan ujung botol pada lubang WC.

Berikutnya Anda dapat menekan lubang WC memakai botol tersebut. Hal ini bertujuan agar sampah yang menyumbat toilet bisa terdorong ke dalam septic tank. Agar Anda bisa mengetahui apakah cara yang Anda lakukan sudah berhasil atau belum, Anda dapat menyiramnya dengan air dan cek kondisi toilet.

  1. Memakai garam

Siapa sangka ternyata bumbu dapur yakni garam, dapat dipakai sebagai cara memperbaiki saluran toilet yang mampet. Langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi  masalah WC mampet menggunakan garam yakni dengan memilih jenis garam batu atau garam dapur kasar yang ditambah dengan baking soda.

Pastikan bahwa kondisi air di dalam WC tidak penuh. Apabila sudah, Anda dapat menuangkan garam batu sekitar 500 gr pada lubang WC. Lalu, tuangkan 1 liter air panas dan diamkan sekitar 8 jam atau semalaman.

Pagi harinya Anda dapat menyiram WC menggunakan air agar sisa sumbatan bisa masuk pada septic tank. Apabila ternyata WC Anda masih mampet, maka cobalah untuk menekan atau mendorong pipa WC dengan gantungan baju kawat atau tongkat sebagaimana cara memperbaiki saluran toilet yang mampet yang sudah dijelaskan sebelumnya.

 

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki saluran toilet yang mampet tanpa menggunakan Jasa Sedot WC. Masalah WC mampet sebenarnya terjadi karena penyumbatan benda atau sampah yang menjadikan saluran air tidak berjalan dengan lancar. Intinya pastikan Anda tidak membuang sampah atau benda sembarangan ke dalam toilet agar aliran air di WC Anda tetap lancar dan bisa digunakan dengan nyaman.

Sedot WC Bojonegoro Atasi Permasalahan Toilet mampet dengan cepat. Solusi terbaik jika anda tak punya banyak waktu untuk memperbaiki sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.