Apa Itu Eco Toilet? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Composting Toilet

Program atau bisnis ramah lingkungan dewasa ini semakin merebak di dunia. Banyak perusahaan unicorn hingga milik perorangan yang mulai memperkenalkan teknologi ramah lingkungan pada produk mereka. Salah satunya adalah eco toilet yang memungkinkan pengguna menghemat penggunaan air saat menggunakan toilet.

Pengertian Eco Toilet

Istilah toilet ramah lingkungan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Padahal teknologi ini sangat bermanfaat dan banyak diaplikasikan oleh negara-negara maju. Apa yang membedakan antara toilet biasa dengan toilet ramah lingkungan?

Toilet ramah lingkungan mengaplikasikan sistem saluran pembuangan khusus yang didesain hemat air. Alhasil, masyarakat umum yang menggunakan toilet ramah lingkungan akan tetap merasa nyaman. Walaupun sumber mata air rumah tangganya tidak luas dan besar.

Pengaplikasian eco toilet secara tidak langsung membantu menjaga kelestarian alam karena penggunaan air yang semakin berkurang dari hari ke hari. Salah satu toilet ramah lingkungan yang berhasil diciptakan di dunia, kabarnya hanya membutuhkan air 0,2-0,6 liter per bilasnya. Hal yang mustahil terjadi, apabila Anda masih menggunakan toilet teknologi biasa.

Kelebihan Composting Toilet

Salah satu model toilet ramah lingkungan adalah composting toilet. Toilet berteknologi canggih yang mampu mengubah hasil pembuangan air toilet menjadi kompos. Lantas, apa saja keunggulan menggunakan composting toilet?

  1. Meminimalisir Penggunaan Air

Karena mengedepankan sistem atau teknologi eco toilet, penggunaan toilet kompos juga membantu mengurangi pemakaian air. Bayangkan berapa banyak air bersih yang Anda hemat setelah menggunakan composting toilet? tentunya jauh lebih besar dari penggunaan konvensional.

Kondisi ini amat sangat membantu terutama di daerah atau lingkungan yang minim sumber mata air. Masyarakat tetap dapat menikmati fasilitas toilet seperti biasanya tanpa perlu mengkhawatirkan kebersihan atau kekurangan air bersih.

  1. Pemanfaatan Kompos Tinja

Pada dasarnya pemanfaatan kompos tinja sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Yang membedakan adalah jenis tinja yang digunakan adalah tinja hewan ternak. Melalui eco toilet, Anda telah membantu para petani mengelola kompos tinja untuk penyuburan lahan.

Umumnya kompos tinja diolah menjadi pupuk cair yang kemudian dimanfaatkan sendiri atau di pasarkan ke konsumen. Selain itu, pemanfaatan kompos tinja juga mengurangi jumlah limbah yang terpapar ke lingkungan.

  1. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Hemat air dan pengelolaan kompos merupakan dua faktor pendukung kelestarian lingkungan. Mengingat tumbuhan membutuhkan pupuk dan air untuk tumbuh dengan baik dan subur.

Bersama composting toilet, Anda telah membantu kelestarian lingkungan. Setidaknya menyuburkan berbagai tanaman yang berada di sekitaran toilet.

Kekurangan Composting Toilet

Meskipun memiliki sejumlah kelebihan, pemanfaatan composting toilet juga tidak lepas dari beberapa kekurangan. Simak kekurangannya di bawah ini:

  1. Perawatan Lebih Sulit

Tekonologi canggih yang terdapat pada toilet ramah lingkungan terkadang membutuhkan perhatian lebih. Mereka yang menggunakan composting toilet, wajib merawat toiletnya secara teratur menggunakan teknik perawatan tertentu. Beberapa pengguna eco toilet umumnya menggunakan jasa sedot WC untuk menjaga kebersihan toilet.

  1. Rentan Bau dan Dihinggapi Serangga

Jika toilet konvensional saja bisa kotor dan bau bila tidak dibersihkan secara rutin. Hal yang sama juga terjadi pada composting toilet. Selain meninggalkan aroma busuk yang tidak menyenangkan. Toilet kompos juga mudah dihinggapi oleh serangga.

Kondisi ini tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Baik kesehatan kulit maupun rongga pernapasan. Biasakan menjaga kebersihan toilet kompos Anda secara teratur. Jika perlu, gunakan tenaga profesional untuk melakukannya.

Menggunakan toilet merupakan hak setiap manusia. Jika Anda memiliki perhatian yang sangat erat pada toilet, jangan ragu memilih toilet ramah lingkungan. Contoh toilet tersebut sangat banyak di dunia beberapa negara bahkan merekomendasikannya.

Anda memilih composting toilet? pastikan belanja toilet kompos berkualitas. Dan manfaatkanlah layanan sedot WC profesional untuk merawat kebersihan dan kenyamanan toilet.

Bila anda memiliki measalah seputar Toilet / WC Mampet, Silahkan Hubungi Kami. Sedot WC Bojonegoro Sumber Baru Telp/Wa 081361070048, 085733544551

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *